Sabtu, 04 Oktober 2014




SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Doc. No.
F/751/WAKA 1/9
Rev. No.
0
JOBSHEET SENI RUPA
Kelas X Semua Bidang Keahlian

Effective Date
01 Agustus 2014
Page
Halaman 1 dari 13
Guru: 1. Sunardi, S. Pd  2.Prihatiningsih, S. Sn.  3.Angga Purdiantara, S. Pd. 4.Eko Suprihatin, S. Pd
JOOB SHET SENI RUPA

Coba hayati serta fahami kompetensi dan kompetensi dasar di bawah ini!!!!
KOMPETENSI INTI
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tang-gung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan si-kap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  da lam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berda-sarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, tek-nologi, seni, budaya, dan hu-maniora dengan wawasan ke-manusiaan, kebangsaan, kene-garaan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pro-sedural pada bidang kajian yg spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecah- kan masalah
Mengolah, menalar & menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi dasar
Indikator Pencapaian
3.1  Memahami bahan, media  dan teknik dalam proses ber-karya seni rupa.
·      Mengidentifikasi jenis media/alat dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
·      Mengklasifikasi jenis bahan dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
·      Mempergunakan alat , bahan  dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
3.2  Menerapkan jenis, simbol, & nilai estetis dalam konsep seni rupa.  
·      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa dua dimensi
·      Mengungkapkan makna symbol karya seni rupa dua dimensi
·      Mendeskripsikan nilai estetis pada karya seni rupa dua dimensi
4.1    Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan me-lihat model
·      Menyiapkan dan memilih alat dan bahan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
·      Mengkonsep ide gagasan hasil modifikasi
·      Menuangkan hasil modifikasi dalam bentuk visual karya seni dua dimensi

Tujuan dari pembelajaran ini adalah siswa mampu
  1. Mengidentifikasi serta mengklasifikasi jenis bahan dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
  2. Mampu berkarya mempergunakan alat , bahan  dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
  3. Peserta didik dapat menyebutkan berbagai jenis karya seni rupa dua dimensi
  4. Pesertadidik dapat mengungkapkan makna symbol karya seni rupa dua dimensi
  5. Peserta didik dapat mendeskripsikan nilai estetis pada karya seni rupa dua dimensi
  6. Pesertadidik dapat membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan model.


A.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ke-1
1.      Perhatikan Guru anda dalam menerangkan materi pembelajaran Presentation1 serta laksanakan  penugasan dibawah ini!
2.      Berdasarkan indikator pencapaian, setiap siswa diminta bisa membedakan Karya Seni Rupa 2D & 3D. Hal ini  dapat anda lakukan secara rinci seperti berikut:
a.      Melakukan kunjungan apresiasi pengamatan karya seni rupa ke: pameran, musium, sanggar seniman atau pencarian data melalui browsing di internet
b.      Setiap siswa diwajibkan membuat artikel dari pengamatan perbedaan Seni Rupa 2D & 3D berdasarkan:
b.1. Unsur-unsur seni rupa
b.2. Prinsip-prinsip seni rupa
b.2. Bahan dan media seni rupa
b.4. Teknik-teknik dasar seni rupa
c.       Mengevaluasi hasil pengamatan apresiasi anda dalam bentuk tabel berdasarkan:
c.1. Jenis-jenis karya seni rupa 2D
c.2. Makna Symbol  dalam karya seni rupa 2D
c.3. Fungsi karya seni rupa 2D
c.4. Teknik-teknik dalam berkarya seni 2D
c.5. Kaidah nilai estetika/keindahan dalam karya seni rupa 2D
d.      Kumpulkanlah hasil penugasan dalam bentuk soft copy dan hard copy sebagai bahan presentasi dipertemuan  Pembelajaran ke-2.
B.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ke-2
1.    Dalam pertemuan ke-2 ini diharapkan semua siswa mampu berperan aktif menyampaikan/mengutarakan serta berargumen/berpendapat memahami, menalar dan mengambil kesimpulan berdasarkan materi yang dibahas.
2.    Siswa diminta mengamati joob shet dalam berkarya 2D berdasarkan model.
3.    Siswa diminta mencari video dan mengamati tutorial yang bertema berkarya seni rupa 2D melalui internet minimal 1 video serta mempelajarinya.
4.    Setiap siswa diminta berkarya  seni rupa 2D dengan ukuran minimal A3 sesuai pilihan masing-masing dengan tampilan berwarna. Misalnya : “Menggambar Ilustrasi”, “Menggambar bentuk”, “Menggambar Teknik arsir pensil”, dll
C.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ke-3
Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan model
1.        Setiap siswa diminta mempersiapkan :
Bahan : Buku Sket Book ukuran A4 (untuk penilaian proses)
             Kertas A3 untuk karya final akhir bertema Karya Seni Rupa Dua Dimensi
Alat     : Pensil dengan ketentuan H, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B atau E
             Penghapus
Buatlah berbagai arsiran dengan cara meniru contoh dibawah ini dalam buku gambar(Skets Book) anda!
Mengenal gelap terang pensil
Bberlatih kedalaman gelap-terang pensil

Buatlah arsiran garis menggunakan berbagai pensil misal H, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B atau E &EE dengan tujuan dapat mengerti efek gelap terang dengan menggunakan pensil dan berbagai garis .





















Pelajari arsir gambar dibawah ini hayati dan buatlah gambar dimedia gambar anda dan arsirlah dengan pensil H, B, 2B, 3 B sampai E. Agar dapat menyimpulkan macam pensil dan arsir yang dihasilkan berdasarkan arah sinar yang kamu tentukan















Pelajarilah teknik garis, bentuk, bidang, ruang dan texture gambar dibawah ini! Sehingga dapat membedakan gambar 2 dan 3 dimensi...






Praktikan arsir dalam berbagai bentuk benda seperti contoh dibawah ini!!!!






















Buatlah dan cobalah arsir komponen “Head People”,pada gambar dibawah ini agar kedepan bisa menggambar ilustrasi wajah!!!!

























Amati gambar dibawah ini serta tiru dan buatlah dibuku gambar/skets book !!!! Proporsi “Baby Face”.......
Perhatikan skala atau perbandingan dalam proporsi kepala “Baby Face” di samping ini, lihatlah bagian-bagian penempatan komponen: mata, hidung, mulut, telinga, alis dan rambut berdasarkan letak secara rumus.


Tirulah karya berbagai pergerakan disamping ini kedalam buku dan pertahankan konsistensi anda.
Amati dan pelajari rumus Proporsi pelajar laki-laki& perempuan dibawah ini!!!
Perhatikan gambar disamping ! karakter disamping adalah karakter transisi dari anak-anak menuju dewasa atau lebih identik masa pubertas

Gambar disamping adalah perbandingan untuk rumus head people DEWASA
Buatlah skema pembuatan gambar berdasar rumus pengamatan anda dalam bentu paparan diskriptif bergamabr!!!














Karakter Orang Dewasa













http://wotaindo.files.wordpress.com/2010/07/36927_1154566642364_1773643472_285235_2979048_n.jpg?w=500&h=703
Contoh Sebuah karya Pensil dari Aoi Tsugunaga
http://wotaindo.files.wordpress.com/2010/07/35301_1154345636839_1773643472_284934_6295883_n.jpg?w=500&h=687
Contoh Sebuah karya Pensil dari Aoi Tsugunaga
Buatlah karya wajah anda dalam kertas gambar A3 dengan cara meniru foto anda seperti contoh diatas! Dikumpulkan beserta contoh foto distaples dipojok kiri atas pada saat mengumpulkan












Pelajirah perbandingan gambar proporsi diatas!
Didalam gambar tersebut terdapat perkembangan proporsi dari bayi sampai dewasa, nilai guna dari pengetahuan ini adalah berkaitan dalam perancangan karya sesuai bidang keahlian yang anda pelajari.

Buatlah proses berbagai gerakan dalam buku gambar anda dalam berbagai gaya gesture gerakan tubuh

2.        Setiap siswa harus membuat karya ilustrasi tubuh manusia disesuaikan dengan aktifitas keahlian masing-masing kedalam kertas gambar A3. Dikumpulkan beserta contoh foto distaples dipojok kiri atas pada saat mengumpulkan.
Misalnya:
Bidang Keahlian
Tema
Multimedia
“Cameramen serius take gambar”
Teknik Komputer & Jaringan
“Orang merakit/menyervise computer”
Teknik Survey  Pemetaan
“Eksekusi lahan dengan tele”
Teknik Gambar Bangunan
“ Desainer gambar sedang serius menggambar”
Teknik Kontruksi Batu & Beton
“Menata batu bata/begesting proces”
Teknik Instalasi Tenaga Listrik
“Mengisnstalasi kabel”
Teknik Audio Video
“Operator audio sistem”
Teknik Kendaran Ringan
“Raider CB mecanical”
Teknik Pemesinan
“Proses pengelasan Proyek alat”

Contoh disamping bertemakan “ Raider Horse Comando in  atracktions”


D.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ke-4
Setiap siswa wajib membuat evaluasi penilaian tentang karya seni rupa  2 dimensi  yang telah dibuat dalam bentuk kesan dan pesan berdasarkan  bahan, alat, teknik serta pengalaman artistik yang dialami selama proses berkarya seni rupa 2 dimensi berdasarkan model beserta foto didalamnya.

Demikian panduan jobsheet ini dirancang untuk membantu memperlancar KBM mata pelajaran SENI RUPA, semoga mudah dalam memahami dan berguna dikelak kemudian hari.
Yogyakarta, 01 Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. Paryoto MT. M.Pd
NIP19641214  199003 1 007
Verifikasi,
UP Normatif-Adaptif



Drs. Nurhadi
NIP .....................................................

Guru Mata Pelajaran



Sunardi, S.Pd
  NIP . -

Guru Pengampu



Prihatiningsih, S.Sn
NIP.197704242010012004








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar